BERBAGAI JENIS INFEKSI TELINGA PADA ANAK

  • Otitis media. Akibat-akibat dari peradangan dan penumpukan cairan didalam telinga tengah. Jika ada cukup bakteri berkembang diarea ini, cairan dapat menjadi terinfeksi. Otitis media adalah tipe infeksi telinga yang paling umum pada anak-anak muda, terjadi paling sering antara umur 6 bulan dan 24 bulan. Sekitar 75% dari anak-anak mengembangkan otitis media pada saat mereka berumur 3 tahun, dan separuh dari anak-anak ini memdapat tiga kali atau lebih infeksi-infeksi telinga selama waktu ini, menurut National Institutes of Health. Ini membuat otitis media sebagai penyakit paling umum pada bayi-bayi dan anak-anak muda.Otitis media terjadi ketika virus-virus, jamur atau bakteri-bakteri menyebabkan saluran-saluran eustachian membengkak dan menjadi terhalangi. Tanpa udara mengalir ke atau dari telinga tengah, tekanan didalam telinga meningkat. Ini dapat menjadi luar biasa tidak nyaman dan dapat terasa seperti balon yang ditiup besar sekali, siap untuk meletus. Infeksi-infeksi telinga tengah juga menyebabkan akumulasi cairan dan produksi nanah didalam telinga tengah. Ini dapat membatasi kemampuan dari getaran-getaran suara untuk berpergian dari selaput gendang telinga ke telinga dalam, menyebabkan kehilangan pendengaran sementara.Sebagai tambahan, gendang telinga dapat berubah pink atau merah, dan penumpukan cairan dan nanah yang dihaslkan didalam telinga tengah dapat menekan gendang telinga, menyebabkannya meregang secara ketat atau menonjol. Bagaimanapun, penumpukan cairan didalam telinga tengah dapat juga terjadi tanpa suatu infeksi , seringkali sebagai akibat dari cairan berlebihan yang dihasilkan selama episode selesma atau influensa sebelumnya. Bentuk ini disebut otitis media dengan effusion. Otitis media dengan effusion kadangkala mendahului suatu episode dari otitis media dan hampir selalu mengikutinya (seperti cairan tetap didalam telinga bahkan setelah infeksinya telah hilang). Seluruh infeksi-infeksi telinga tengah mungkin akut (suatu episode tunggal yang singkat) atau kronis (dimana infeksi-infeksi berulang-ulang).
  • Otitis externa. Juga disebut telinga perenang (swimmer’s ear) atau external otitis, dia melibatkan peradangan, iritasi atau infeksi dari saluran telinga (jalan terusan yang membawa suara dari luar tubuh ke gendang telinga/eardrum) dan/atau telinga luar (bagian yang tampak dari telinga, termasuk daun telinga). Meskipun dengan nama julukannya, itu dapat terjadi tanpa berenang. Apa saja yang menyebabkan mikroorganisme masuk kedalam retakan pada lapisan dari saluran telinga atau dimana saja pada telinga luar dapat menyebabkan telinga perenang ( swimmer’s ear).Infeksi terjadi pada telinga luar ketika kanal telinga dihadapkan pada kelembaban yang berlebihan yang menyebabkan suatu pertumbuhan cepat dari bakteri dan jamur yang secara normal ada didalam kanal telinga. Kulit dapat menjadi lembab, melemahkan kadar keasaman yang secara normal hadir pada lapisan kanal telinga yang membantu mencegah infeksi. Ini dapat menjurus ke peradangan kanal telinga yang dapat melebar ke telinga luar, menyebabkan nyeri/sakit. Cairan juga dapat menjadi terperangkap didalam kanal telinga disebabkan oleh penimbunan dari lilin telinga (ear wax).Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan kondisi ini termasuk goresan-goresan atau luka-luka goresan dari benda-benda (termasuk alat bantu pendengaran dan penyumbat telinga) yang diletakkan kedalam saluran telinga atau dari luka fisik pada telinga luar. Itu dapat juga terjadi dari ekspose pada bahan-bahan kima yang mengiritasi (seperti hairspray, pewarna rambut) atau air yang terkontaminasi. Pembersihan lilin telinga yang berlebihan dari saluran telinga juga dapat menjurus ke otitis externa. Infeksi-infeksi telinga luar adalah umum pada anak-anak dan orang-orang dewasa.
  • Labyrinthitis. Infeksi dari telinga dalam yang mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran. Infeksi ini adalah sangat jarang terjdi pada anak dan dapat terjadi dalam dua bentuk yang berbeda:
    • Viral labyrinthitis. Infeksi telinga dalam disebabkan oleh virus-virus (seperti virus-virus yang menyebabkan measles, mumps atau flu). Viral labyrinthitis umumnya hilang dengan sendirinya, tanpa perawatan, dan tidak meninggalkan komplikasi-komplikasi jangka panjang.
    • Bacterial labyrinthitis. Infeksi telinga dalam disebabkan oleh bakteri-bakteri, seperti ketika suatu infeksi telinga tengah (otitis media) menyebar ke telinga dalam, atau sebagai akibat penyebaran dari meningitis (peradangan dari pelindung otak dan spinal cord).

www.klinikanakonline.com

Provided By: KLINIK ANAK ONLINE Supported By: GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 085101466102 – 085100466103 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 2961425208131592-2012 – 08131592-2013 – 08131592-2012 email : judarwanto@gmail.com http://growupclinic.com Facebook: http://www.facebook.com/GrowUpClinic Twitter: @growupclinic Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto, Pediatrician email : judarwanto@gmail.com Mobile Phone O8567805533 PIN BBM 76211048 Komunikasi dan Konsultasi online : twitter @widojudarwanto facebook dr Widodo Judarwanto, pediatrician Komunikasi dan Konsultasi Online Alergi Anak : Allergy Clinic Online Komunikasi dan Konsultasi Online Sulit makan dan Gangguan Berat Badan : Picky Eaters Clinic Komunikasi Profesional Pediatric: Indonesia Pediatrician Online
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen *** We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2015, Klinik Anak Online, Information Education Network. All rights reserved
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s