Stimulasi Perkembangan Memori Pada Anak Sejak Dini

Stimulasi Perkembangan Memori Pada Anak Sejak Dini

Dalam tahapan perkembangan usia anak juga diikuti perkembangan memori. Pada usia tertentu memori jangka pendek anak telah berkembang dengan baik. Akan tetapi, memori jangka panjang tidak terjadi banyak peningkatan dengan disertai adanya keterbatasan – keterbatasan. Untuk mengurangi keterbatasan tersebut, anak berusaha menggunakan strategi memori (memory strategy), yaitu merupakan perilaku disengaja yang digunakan untuk meningkatkan memori. Stimulasio perkembangan memori sangat membantu untuk meningkatkan perkembangan emosi, kreatifitas dan kecerdasan anak di kemudian hari.

Terdapat meningkatkan kemampuan memori tersebut dengan menggunakan strategi memori diantarnya adalah

  • Rehearsal (Pengulangan) : Suatu strategi meningkatkan memori dengan cara mengulang berkali-kali informasi yang telah disampaikan.
  • Organization (Organisasi) : Pengelompokan dan pengkategorian sesuatu yang digunakan untuk meningkatkan memori. Seperti, anak SD sering mengingat nama-nama teman sekelasnya menurut susunan dimana mereka duduk dalam satu kelas.
  • Imagery (Perbandingan) : Membandingkan sesuatu dengan tipe dari karakteristik pembayangan dari seseorang.
  • Retrieval (Pemunculan Kembali) : Proses mengeluarkan atau mengangkat informasi dari tempat penyimpanan. Ketika suatu isyarat yang mungkin dapat membantu memunculkan kembali sebuah meori, mereka akan menggunakannya secara spontan.

Stimulasi Perkembangan Memori Anak

  • Perdengarkan secara kontinu lagu-lagu klasik Beethoven, Mozart, Bach, terutama yang khusus untuk bayi setiap saat terutama saat tidur, menyusui atau memandikan si bayi. Menurut penelitian jika lagu-lagu sulit karya tertentu terus masuk dalam memori bayi dalam waktu lima bulan dia akan mengingat lagu tersebut dengan lengkap. Pada usia lima bulan ia akan tersenyum dan mulai bergerak mengikuti irama lagu yang ia kenal. Pada saat usia pendidikan musik dimulai, ia dapat dengan mudah menguasainya.
  • Membaca doa dan puji-pujian terhadap Allah sesuai dengan agama masing-masing saat anda dekat dengan anak khususnya saat menyusui.. Menyusui adalah saat yang paling efektif untuk membinahubungan psikologis dengan bayi. Pada umumnya ibu memakai sebagian besar waktunya untuk berkomunikasi dengan bayi saat meyusui dengan memandang bayinya. Bayi belum bisa melihat wajah ibu secara lengkap, hanya garis besar yang buram. Akan tetapi gerakan muka dan mata ibu sangat menarik bagi bayi. Jika anda tidak bisa memproduksi ASI, andapun dapat tetap menyusui dengan botol dalam jarak yang dekat. Sekalipun menyusui dengan botol merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan oleh baby-sitter, usahakanlah seseirng mungkin memberikan susu sendiri.
  • Sering tersenyum, berbicara dan bernyanyi  sendiri pada saat menggantikan popok, menjemur, memandikan, menidurkan. Si bayi tidak perduli kualitas lagu anda, yang dia perdulikan adalah suara yang sama yang terus berbunyi di dekatnya. Dalam perkembangan selanjutnya nanti dia akan lebih cepat memberikan respond dengan mengoceh pada saat anda menyanyi atau mengajaknya berbicara.
  • Berlatihlan dan beraktifitas menari dengan bayi. Gendonglah dengan posisi tegak dan saling berhadapan. Kemudian nyanyikanlah lagu-lahu yang riang dengan melakukan gerakan kepala dan badan bergoyang sesuai irama lagu. Menari dan berdansalah dengan bayi anda. Pandanglah matanya selama anda berdansa. Kontak seperti ini akan mempererat hubungan anda dan bayi anda. Daya lihat bayi yang baru lahir sangatlah terbatas pada jarak yang dekat, yaitu jarak pasangan yang berdansa atau jarak ibu yang sedang menyusui. Bayi anda akan menikmati dan kadang-kadang ia tertidur sewaktu berdansa. Dan andapun akan bisa lebih menikmati kebersamaan dengan bayi anda.
  • Jangan sekali-sekali meluapkan emosi dan sikap buruk di depan anak meski hanya melalui raut muka dan suara, seperti menggerutu, mengumpat, berkata kotor, menangis, berteriak, panik dan cemas, dan berbagai raut muka dan ucapan buruk lainnya.

 

www.klinikanakonline.com

Provided By: KLINIK ANAK ONLINE Supported By: GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 085101466102 – 085100466103 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 2961425208131592-2012 – 08131592-2013 – 08131592-2012 email : judarwanto@gmail.com http://growupclinic.com Facebook: http://www.facebook.com/GrowUpClinic Twitter: @growupclinic Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto, Pediatrician email : judarwanto@gmail.com Mobile Phone O8567805533 PIN BBM 76211048 Komunikasi dan Konsultasi online : twitter @widojudarwanto facebook dr Widodo Judarwanto, pediatrician Komunikasi dan Konsultasi Online Alergi Anak : Allergy Clinic Online Komunikasi dan Konsultasi Online Sulit makan dan Gangguan Berat Badan : Picky Eaters Clinic Komunikasi Profesional Pediatric: Indonesia Pediatrician Online
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen *** We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2015, Klinik Anak Online, Information Education Network. All rights reserved
Iklan

One response to “Stimulasi Perkembangan Memori Pada Anak Sejak Dini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s