Asap Dupa Berbahaya Seperti Rokok ?

Penelitian  terbaru yang dilansir dalam   jurnal Environmental Chemistry Letters pada Senin (31/8/2015) mengungkapkan risiko pemakaian dupa di dalam ruangan. Peneliti dari China Rong Zhou dari South China University of Technology mengatakan tak banyak penelitian yang mencoba melihat dupa sebagai salah satu sumber polusi udara. Beberapa studi telah mengaitkan asap dupa terhadap risiko kanker dan tumor namun belum spesifik dan perlu penelitian lebih lanjut. Saat dupa dibakar ada partikel yang dilepaskan ke udara dan dapat terhirup menyebabkan reaksi peradangan. Zhou dan timnya mencoba mengidentifikasi efek zat-zat yang ada pada asap dari dua jenis dupa terbuat dari kayu gaharu dan cendana dan membandingkan hasilnya dengan asap rokok terkonsentrasi dalam ruangan.

Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa asap dupa didominasi oleh partikel halus dan ultra halus. Lebih jauh banyak aromatik, zat iritan, dan senyawa beracun diidentifikasi dalam pecahan partikel. 

Sifat dari asap dupa ditemukan mutagenik yang artinya punya zat kimia yang berpotensi mengubah materi genetik seperti DNA (deoxyribonucleic acid) sehingga bisa menyebabkan mutasi. Selain itu asap dupa juga lebih beracun untuk sel tubuh dibandingkan asap rokok yang telah dibuktikan pada hamster.

Peneliti berharap tak membuat orang berpikir bahwa asap dupa lebih berbahaya dari asap rokok. Kesimpulan tersebut belum diambil oleh peneliti karena masih banyak ragam merek dan bagaimana cara dupa digunakan di pasaran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s