Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras

Waspadai cara menyikat gigi jangan dilakukan berlebihan. Meski gigi itu sendiri keras, namun tak demikian dengan lapisan gusi yang ada di sekitarnya. Ketika orang-orang menggosok terlalu keras pada bagian tepi antara gigi dan gusi maka ia berisiko membuat lapisan teratas gusi menjadi tipis. Gigi malah jadi rentan terhadap gangguan dan mudah tanggal. Ketika terlanjur menyebabkan gusi rusak, yang berarti dia menyusut jauh tak menutupi leher gigi, efeknya tak bisa diperbaiki. Gusi tak akan tumbuh kembali.

Bagian leher gigi disebut dentine tak memiliki lapisan keras enamel yang berfungsi sebagai pelindung. Enamel hanya melindungi bagian atas gigi mulai dari mahkota sampai lapisan tepi di atas gusi. Ketika dentine tak terlindung, bakteri dengan lebih leluasa dan lebih cepat membuat gigi busuk. Gigi juga bisa jadi lebih sensitif karena ujung-ujung saraf pada dentine terbuka.

Orang akan kesulitan mengonsumsi makanan minuman dingin atau panas. Bahkan bernapas di udara yang dingin saja, gigi Anda bisa bereaksi. Ini benar-benar bisa membuat tak nyaman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s