WASPADAI Antibiotika berlebihan sebabkan diabetes

wp-1493876587107.Penelitian terbaru terungkap bahwa tingginya risiko diabetes tipe 2 juga ditemukan pada mereka yang kerap mengonsumsi antibiotik. Peneliti mengamati riwayat peresepan antibiotik pada 170.000 pasien diabetes tipe 2 asal Denmark dalam kurun tahun 1995-2002. Hal ini kemudian dibandingkan dengan riwayat konsumsi antibiotik pada 1,3 juta orang lainnya.

Ternyata, individu yang kemudian didiagnosis dengan diabetes tipe 2 mendapatkan peresepan antibiotik rata-rata 8 kali tiap tahunnya, sedangkan mereka yang tidak terkena diabetes hanya 5 kali dalam setahun.

Peneliti juga menemukan bila responden mengonsumsi lima jenis resep antibiotik atau lebih dalam setahun, maka risiko diabetesnya bisa mencapai 50 persen. “Apalagi kalau antibiotik yang dikonsumsi spektrumnya sempit seperti penisilin V,” ungkap peneliti Dr Kristian Hallundbaek Mikkelsen dari Center for Diabetes Research, Gentofte Hospital, Kopenhagen.

Tidak diketahui dengan pasti bagaimana mekanismenya sehingga konsumsi antibiotik meningkatkan risiko seseorang untuk terkena diabetes. Namun dari hasil pengamatan juga ditemukan rata-rata pasien diabetes tipe 2 cenderung mengonsumsi lebih banyak antibiotik beberapa tahun sebelum didiagnosis. Paparannya berlangsung selama 15 tahun sebelum dinyatakan sakit gula.

Penelitian sebelumnya juga mengungkapkan efek antibiotik pada tubuh hewan. Penelitian itu membuktikan antibiotik memang dapat mengubah susunan bakteri dalam usus sehingga mempengaruhi metabolisme lemak dan gula di tubuh hewan. IIni bisa jadi berlaku pada manusia, atau mungkin karena konsumsi antibiotik, bakteri tertentu di usus menjadi berkontribusi terhadap menurunnya kemampuan metabolisme gula pada mereka yang rentan diabetes.

Sumber:  CBS News.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s