3 Imunisasi Penting Bagi Lanjut Usia

Imunisasi ternyata penting juga bagi mereka yang sudah berusia lanjut untuk mencegah tertularnya penyakit. Lanjut usia perlu diberi vaksin untuk tiga penyakit utama ini, influenza, pneumonia.

Ketiga penyakit itu dinilai paling sering dialami para lanjut usia. Ketiga penyakit itu pun dinilai paling tinggi menyebabkan kematian dan menyebabkan dapat mengganggu kualitas hudup para lanjut usia atau masyarakat yang berusia di atas 60 tahun. Fungsi sistem organ tubuh manusia pun bisa mengakibatkan ketiga penyakit itu akan lebih berat akibatnya bila terjadi para masyarakat uia lanjut. Biasanya fase penyembuhannya akan lambat. Para orang tua cukup sering menderita beberapa penyakit tidak tertular seperti stroke dan kelumpuhan. Penyakit stroke itu awalnya bisa dari pneumonia. Atau sebaliknya penderita stroke beresiko mudah terjadi pnemonia.

Influenza memang cukup sering dialami masyarakat dari segala umur. Penyakit ini pun terkesan biasa. Namun bila dialami oleh para lanjut usia, pemulihannya akan lebih susah lantaran kondisi organ tubuh lanjut usia ini. Flu bisa lebih sering terjadi pada mereka yang berusia lanjut dibandingkan dengan anak muda. Di Tiongkok dan Korea, pemberian vaksin influenza sudah menjadi vaksin utama yang diberikan kepada para lanjut usia.

Herpes zoster adalag penyakit yang cukup sering terjadi pada usia lanjut. Walau begitu pemberian vaksin untuk penyakit ini tergolong lebih baru dibandingkan dengan vaksin influenza.

Pada penyakit ini, pasien biasanya akan merasakan sakit di kulitnya. Penyakit yang masih satu grup dengan cacar air ini memang tidak menyebabkan kematian namun si pasien akan merasa kaku di bagian yang terkena Herpes ini.
Herpes źooster tidak juga akan sebabkan kelumpuhan, namun pasien akan mereasa kaku dan alami keterbatasan gerak dan kualitas hidup.

Selain pemberian pencegahan untuk lansia melalui vaksin, para lansia pun diminta menjaga kesehatannya. Caranya dengan menjaga mobilitas dan aktivitas fisik mandiri, lalu menjaga massa otot dan berat badan. Lalu para lansia diharapkan bisa menjaga agar asupan cairan yang masuk ke tubuh, serta menjaga hieginitas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s