3 Cara Hilangkan Air Masuk Telinga

Cara yang juga dianjurkan untuk mengeluarkan air dari dalam telinga yaitu dengan mengalirkan udara panas, misalnya menggunakan hair dryer. Cara itu bisa membuat kotoran telinga meleleh dan mengalir ke saluran telinga.

Cara terbaik yakni gunakan alkohol. Saluran telinga ibarat lubang yang dilapisi kulit halus dan berminyak dan air akan berada di atasnya. Mirip tetesan air hujan pada mobil yang baru saja disemir, Anda perlu menghilangkan tegangan yang ada di permukaan dan di sinilah peran alkohol,” terang Rauch.

Rendam bola kapas dalam alkohol. Kemudian, berbaring dengan posisi tubuh miring lalu kucurkan perasan alkohol ke telinga yang dimasuki air. Jika dibutuhkan, Anda bisa memijat lembut bagian luar telinga untuk membantu alkohol lebih cepat mengalir ke saluran telinga. Setelah itu, duduk dan miringkan kepala Anda ke arah berlawanan sehingga air bisa keluar.

Jika air tetap  tak kunjung keluar, disarankan segera konsultasi ke dokter THT. Sebab, air yang terperangkap di belakang kotoran telinga juga bisa menumpuk.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s