Penderita Termuda Diabetes Melitus Tipe 2

Peneliti yang tergabung dalam European Association for the Study of Diabetes di Stockholm baru-baru ini, mengungkapkan kasus diabetes tipe 2 pada anak usis tiga tahun. Padahal diabetes tipe 2 adalah dengan gangguan kencing manis yang dialami orang dewasa karena gaya hidup dan pola makannya yang tak sehat.

Bocah perempuan ini sebagai pasien diabetes tipe 2 termuda yang pernah ada. Namun dengan tren peningkatan obesitas pada anak, peneliti juga mewanti-wanti bahwa munculnya pasien muda lain bukanlah suatu perkara yang mustahil.
Dr Michael Yafi dari University of Texas Health Science Center, Houston memaparkan pasien ini merupakan bocah keturunan Spanyol. Sejumlah gejala diabetes tipe 2 terlihat pada dirinya, di antaranya produksi urin yang berlebihan dan mudah haus.

Penderita diabetes termuda ini memiliki berat badan sekitar 35 kg, padahal berat ideal untuk anak seusianya hanyalah berkisar 16 kg. Hasil tes juga menunjukkan plasma glukosanya saat sedang tidak makan (fasting plasma glucose) pun tergolong tinggi. Di samping itu, peneliti tidak menemukan antibodi yang mengindikasikan bahwa si anak mengidap diabetes tipe 1. Riwayat kedua orang tua si pasien mengalami obesitas, kendati tidak mempunyai riwayat sakit gula. Ditambah kebiasaan makan dalam keluarga yang sangat buruk, bahkan mereka terbiasa mengonsumsi kalori dan lemak dalam jumlah yang tidak terkontrol.

Penderita anak itu telah diterapi metformin dalam bentuk cair. Mereka juga berupaya memberikan edukasi kepada kedua orang tuanya terkait nutrisi dalam makanan dan juga diabetes. Mereka bahkan diminta mengubah pola makan satu keluarga, dan sering-sering mengajak si kecil beraktivitas di luar ruangan. Upaya ini dirasa berhasil, mengingat enam bulan selepas diagnosis, bocah ini mengalami penurunan berat badan sebanyak 25 persen, memiliki kadar gula darah yang normal, dan berhenti mengonsumsi metformin. Terapi itu diberikan jika screening terhadap anak obes dilakukan sejak dini, diikuti dengan pemberian terapi dan modifikasi gaya hidup secara menyeluruh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s