Permasalahan dan Biaya Invitro Fertilization atau Program Bayi Tabung

image

Invitro Fertilization atau program bayi tabung, adalah suatu perlakukan khusus dilakukan dalam laboratorium untuk mempertemukan sel telur dan sperma di luar tubuh wanita. Bayi tabung atau pembuahan in vitro (IVF atau in vitro fertilisation) adalah sebuah teknik pembuahan dimana sel telur (ovum) dibuahi di luar tubuh wanita. Bayi tabung adalah salah satu metode untuk mengatasi masalah kesuburan ketika metode lainnya tidak berhasil. Prosesnya terdiri dari mengendalikan proses ovulasi secara hormonal, pemindahan sel telur dari ovarium dan pembuahan oleh sel sperma dalam sebuah medium cair.

Proses Kehamilan Bayi Tabung

  • Pasangan menikah yang dalam waktu tertentu belum juga mendapatkan keturunan, banyak menjadikan bayi tabung sebagai solusi. Program pembuahan dalam tabung ini memang membawa harapan bagi mereka yang mengalami masalah kesuburan. Namun tidak semua orang paham mengenai bayi tabung dan bagaimana proses bayi tabung tersebut.
  • Secara sederhana, bayi tabung diartikan sebagai proses pembuahan sel telur dan sperma di luar tubuh ibu. Dalam bahasa Latin bayi tabung dikenal dengan istilah in vitro vertilization, yang berarti ‘pembuahan dalam gelas atau tabung.’
  • Proses bayi tabung sendiri diawali dengan konsultasi dan seleksi pasien, dimana baik suami dan istri akan diperiksa sampai dengan ada indikasi untuk mengikuti program bayi tabung. Jika memang diindikasikan, baru bisa masuk dan mengikuti program bayi tabung.
  • Proses bayi tabung selanjutnya adalah, melakukan stimulasi atau merangsang indung telur untuk memastikan banyaknya sel telur. Secara alami sel telur memang hanya ada satu, namun dalam program bayi tabung, perlu lebih dari satu sel telur untuk memperoleh embrio.
  • Proses bayi tabung yang ke tiga adalah, pemantauan pertumbuhan folikel atau cairan berisi sel telur di dalam indung telur melalui ultrasonografi. Pemantauan pertumbuhan folikel ini bertujuan untuk melihat apakah sel telur sudah cukup matang untuk dipanen atau belum. Baru kemudian mematangkan sel telur, dengan cara menyuntikan obat agar siap dipanen.
  • Proses bayi tabung selanjutnya adalah, melakukan pengambilan sel telur untuk kemudian di proses di laboratorium. Pada hari yang sama, akan dilakukan pengambilan sperma suami. Jika tidak ada masalah, pengambilan dilakukan dengan cara bermasturbasi. Namun bila ditemukan kendala, maka akan dilakukan operasi pengambilan sperma melalui buah zakar.
  • Setelah proses diatas selesai, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembuahan atau fertilisasi di dalam media kultur di laboratorium, sehingga menghasilkan embrio. Baru setelah embrio terbentuk, akan dilakukan proses transfer embrio kembali ke dalam rahim agar terjadi kehamilan. Jika ada sisa embrio lebih, maka akan disimpan untuk proses kehamilan berikutnya.
  • Baru kemudian proses bayi tabung memasuki fase luteal untuk mempertahankan dinding Rahim dengan memberikan Progesterone. Biasanya dokter akan memberi obat selama 15 hari pertama untuk mempertahankan dinding rahim ibu agar terjadi kehamilan. Proses terakhir adalah melakukan pemeriksaan apakah telah terjadi kehamilan atau belum, baik dengan pemeriksaan darah maupun USG.

IVF Siklus ALami (Natural Cycle) image

  • IVF-SA adalah salah satu pilihan baru pengelolaan IVF.  Disebut juga sebagai IVF-tanpa obat, yang berarti tidak menggunakan obat kesuburan. Terapi ini menghindari semua obat kesuburan yang berfungsi merangsang indung telur untuk memproduksi banyak  folikel, kecuali pada saat pematangan akhir (trigerring).Selama terapi, kami akan memonitor pembentukan folikel yang terpilih secara alamiah, dan melakukan pengambilan telur sebelum ovulasi. Telur yang terpilih secara alamiah pada umumnya dianggap mempunyai kualitas yang terbaik dan mempunyai potensi terbesar untuk menjadi bayi yang sehat.
  • Wanita yang memilih IVF-SA pada umumnya menyukai sifat pendekatan holistik, yang lebih menyerupai konsepsi alamiah. Hal ini cocok dengan wanita yang lebih memilih gaya hidup tanpa obat. Juga cocok untuk wanita yang cenderung tidak bisa memproduksi banyak telur, meskipun diberikan obat kesuburan dosis tinggi sekalipun.IVF-SA merupakan pilihan untuk hampir semua pasien infertilitas.image

Manfaat IVF-SA, yaitu :

Menurunkan risiko efek samping dan komplikasi akibat obat kesuburan. (OHSS).  Menjadi pilihan terbaik bagi pasien yang mempunyai faktor risiko kanker payudara.Menurunkan lamanya waktu terapi dan lebih aman. Karena IVF-SA hanya mengambil satu telur, maka waktu yang dibutuhkanuntuk persiapan, monitoring dan tindakan lebih singkat.Saat pengambilan telur (OPU), tidak diperlukan pembiusan, sehingga risiko komplikasi, dan biaya anestesi menjadi tidak ada.Mencegah kehamilan kembar. Karena hanya mengambil satu telur dan mentransfer satu embrio, maka risiko terjadinya kehamilan kembar adalah kurang dari 1 %.Biaya lebih terjangkau. Biaya IVF-SA adalah kurang dari 50% dibanding IVF konvensional. Pasien dapat berhemat sekitar 20-30 juta rupiah setiap siklus.  Selain itu juga menghilangkan stres dan ketidak nyamanan akibat suntikan yang dilakukan tiap hari. Mengurangi kunjungan ke klinik. Rata-rata pasien hanya membutuhkan 2-3 kali kunjungan selama IVF-SA, dibandingkan 6-7 kali kunjungan pada IVF konvensional.Tidak tergantung pada usia pasien, tingkat FSH dan jumlah folikel antral.  Kami mempunyai tujuan untuk mengambil satu telur, membuat satu embrio yang baik untuk menghasilkan satu bayi sehat.

Terdapat 2 keterbatasan untuk IVF-SA, yaitu :

  • Karena hanya satu folikel, maka saat dilakukan OPU/pengambilan telur, mungkin tidak mendapatkan telur atau telur yang ada tidak berkembang menjadi embryo yang sehat.
  • Karena hanya mempunyai satu telur, beberapa klinik tidak mempunyai embryo ekstra untuk dipilih atau untuk simpanan. Namun jika pasien menginginkan menyimpan beberapa embryo, tetapi dapat membekukan embryo dari siklus-siklus sebelumnya sebelum melakukan transfer embryo.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s