Virus HPV dan Kanker Tidak Diketahui Penyebabnya

image

Terdapat jenis kanker yang belum diketahui penyebab primernya atau tidak bisa menentukan dari mana asal dan penyebarannya. Kanker jenis ini seringnya disebut sebagai unknown primary squamous cell carcinoma (UPSCC).

Kanker UPSCC bisa menyebar ke beberapa area tubuh tapi tak jelas asal spesifik sel-selnya. Karena kurangnya pengetahuan, kanker jenis ini menjadi cenderung lebih sulit untuk diterapi.

Peneliti dari Johns Hopkins School of Medicine di Amerika Serikat tampaknya berhasil mengungkapkan karakteristik kanker UPSCC. Dari penelitian mengungkapkan bahwa human papillomavirus (HPV) pnyebab dari kanker serviks kemungkinan besar juga menjadi penyebab munculnya kanker jebis UPSCC ini.

Penelitian yang dipublikasi di jurnal JAMA Otolaryngology–Head & Neck Surgery ini mengatakan temuan ini dapat membantu dokter untuk memilih terapi apa yang bisa digunakan dan semakin memperkuat tentang pentingnya vaksinasi terhadap HPV.

Pemimpin studi dr Carole Fakhry mengetahui keterlibatan HPV pada UPSCC setelah memeriksa 84 pasien yang kebanyakan pria selama 9,5 tahun. Dalam pemeriksaan panjang diketahui lebih dari 90 persen pasien positif HPV dan sumbernya disebut bisa ditemukan di area kepala dan leher (oropharynx). UPSCC dilaporkan dalam studi kini bisa semakin diperjelas menjadi kanker oropharyngeal dan prognosis pasien juga bisa lebih baik. Lokalisasi memungkinkan untuk terapi yang lebih fokus target dan berpotensi menurunkan angka kesakitan dan meningkatkan kelangsungan hidup.

Sumber: Livescience.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s