Tips dan Cara Terhebat Mengurangi Nyeri Saat Persalinan

image

Hilangkan Pikiran dan Didampingi Suami ada satu cara revolusioner yang bisa dilakukan sebelum melahirkan, agar proses persalinan lancar dan tanpa sakit. Satu kuncinya, tidak berpikir sama sekali. Dan suami harus ambil bagian untuk menenangkan istrinya. Bagian otak manusia yang berpikir secara sadar atau disebut neokorteks berfungsi untuk menyelesaikan soal matematika, penggunaan bahasa dan menjawab pertanyaan-pertanyaan rumit. Neokorteks ini berguna untuk kehidupan sehari-hari, namun dalam beberapa situasi seperti seks dan melahirkan, kita hanya perlu berhenti berpikir. Jika seorang wanita bisa mematikan aktivitas neokorteksnya, maka refleks janin dapat terjadi. Artinya, bayi akan keluar tanpa Anda merasakan apapun.

Dokter menyarankan untuk melahirkan secara normal tanpa mengandalkan operasi caesar dan intervensi lainnya. Persalinan sebaiknya didorong kelahiran alami dan menenangkan mereka sebelum melahirkan. Wanita menjadi semakin tergantung pada intervensi lain seperti penghilang rasa sakit, suntikan dan obat-obatan lainnya. Padahal, sudah menjadi kodrat wanita harus merasakannya. Ketika wanita kehilangan kemampuan untuk melahirkan normal, dia akan lebih sulit untuk menyusui.

Menyiapkan diri sebelum persalinan. Kemampuan untuk meningkatkan keyakinan diri anda dalam menjalani proses normal adalah salah satu modal awal untuk memasuki persalinan normal tanpa jahitan. Adapun beberapa cara seperti pijatan prenium yang umunya dilakukan pada bulan-bulan akhir trimester ketiga atau adapula yang melatih dengan proses senam kegel yang bertujuan melatih otot-otot di lubang pengeluaran.

Memilih tempat. Pemilihan tempat merupakan salah satu faktor untuk mendapatkan proses melahirkan-normal, meskipun semua kembali pada kondisi kesehatan anda dan janin akan tetapi bantuan tempat yang nyaman dapat membuat anda rileks dan menjalani persalinan dengan lancar. Pilihlah tempat yang memungkinkan anda bergerak bebas misalnya tempat tidur yang tidak terlalu sempit dan menggangu proses persalinan, suasana yang terlalu ramai akan membuat anda tidak rileks dan memicu kecemasan yang berlebih yang mengakibatkan terganggunya proses persalinan. 

Selalu Aktif Gerakkan Badan. Orang tua selalu rewel menyuruh untuk aktif bergerak ketika anda hamil. Mengapa demikian, karena dengan bergerak, maka akan membuat janin mudah menuju ke bagian jalan lahir. Janin yang ada di dalam kandungan anda akan terdorong dengan normal menuju jalan lahir. Bahkan dengan anda semakin aktif bergerak ketika akan menghadapi proses persalinan,membuat posisi janin OFP singkatan dari Optimal Fetal Positioning. Tentu saja posisi dari wajah janin harus menuju ke pantat dengan posisi kepala tepat di jalan lahir. Sehingga proses persalinan anda pun akan mudah, cepat, dan lancar.

Perbanyak Pengetahuan Mengenai Proses Persalinan. Kebanyakan ibu hamil yang merasa takut dengan proses persalinan karena minimnya pengetahuan terkait kehamilan dan persalinan. Untuk itu, jauh-jauh hari sebaiknya anda aktif untuk memperbanyak pengetahuan mengenai kehamilan yang sehat. Termasuk seperti apa proses persalinan yang mudah, cepat, dan lancar itu. Dapat dengan membaca buku, konsultasi langsung ke bidan, dan banyak cara yang dapat anda tempuh untuk memperbanyak pengetahuan tersebut. Sehingga membuat kondisi psikis anda jauh lebih tenang dibanding sebelumnya. Dengan anda tahu seperti apa kehmailan sehat itu dan proses persalinan yang ada, maka akan menjadikan bagian panggul mengendur serta otot tubuh rileks. Ini akan membuat anda melakukan kontraksi dengan mudah saat proses persalinan tiba.

Rasa Nyaman Saat Di Rumah Sakit. Terkadang ketika sudah siap menghadapi proses persalinan di rumah, kemudian menjadi kembali takut setelah tiba di rumah sakit bersalin. Kondisikan bahwa anda merasa nyaman di rumah sakit sebelum proses persalinan tiba. Yaitu, dengan berjalan-jalan mengitari rumah sakit. Sehingga membuat anda semakin terbiasa dan nyaman dengan kondisi rumah sakit yang sempat mengganggu pikiran tersebut. Biasanya mendekati proses persalinan, bidan akan menyuruh anda banyak berjalan-jalan. Tujuannya juga untukmempercepat proses pembukaan. Dengan menimbulkan rasa nyaman akan membuat proses persalinan lancar.

Belajar Teknik Pernapasan Sebelum Proses Persalinan Tiba. Biasanya anda akan diajarkan mengenai teknik pernapasan sebelum proses persalinan tiba. Jika tidak, maka mintalah pada bidan yang menangani proses persalinan anda. Teknik persalinan adalah tips menghadapi proses persalinan supaya mudah, cepat, dan lancar yang penting pastikan anda selalu rileks saat melakukan teknik pernapasan begitu juga pada saat proses persalinan tiba.

Hindari kelelahan yang berlebih mendekati masa persalinan. Salah satu terjadinya episiotomi adalah adanya gangguan pada ibu hamil, gangguan tersebut baik secara ringan ataupun berat. Gangguan ringan seperti kelelahan menjadi salah satu alasan dilakukan pengguntingan atau robekan (episiotomi ) oleh karena itu hindari aktivitas yang berlebih ketika anda memasuki bulan akhir kehamilan, mendekati persalinan anda. Gunakan waktu istirahat yang cukup dengan menjaga asupan nutrisi dengan makanan yang memiliki kandungan kalori untuk energi ekstra menjelang persalinan.

Kompres Punggung Bawah. Ketika anda sudah mulai merasa kontraksi, mintalah seseorang untuk mengompres punggung bawah anda dengan air yang hangat. Tujuannya untuk melancarkan peredaran darah, sehingga nyeri dapat terkurangi.

Pijat punggung bawah. Jika persalinan anda sudah dekat dengan ditandai dengan kontraksi anda dapat meminta siapa saja, yang baik sih suami anda untuk memijat punggung bawah. Pijatvsecara perlahan dan nyaman. Bisa pula anda pakai minyak aromaterapi yang lembut dan menenangkan untuk memijat punggung bawah sebagai pelicin atau baby oil atau lotion.

Posisi punggung tegak. Posisikan punggung yang tegak, ketika anda berdiri, saat duduk, atau ketika posisi yang lain. Tujuannya adalah untuk membuat kepala bayi tetap berada di leher rahim dengan tepat dan dengan begitu kontaksi anda berjalan efektif dan baik dan rasa sakit saat mau melahirkan dapat berkurang.

Atur napas anda. Aturlah napas anda. Ambil napas dari hidung, keluarkan dari mulut. Dengan begitu peredaran darah menjadi lancar, ketegangan anda menjadi berkurang dan rasa sakit menurun bahkan menghilang. 

Alihkan rasa pikiran rasa sakit. Anda bisa pula mengalihkan rasa sakit dengan pura-pura bercerita atau menyanyi atau yang paling bagus adalah dengan berdzikir, ingat tuhan. Itu dapat berguna untuk mengundang energi positif anda dan anda dapat kuat dan terhindar dari rasa takut dan menghilangkan rasa sakit. Jadi anda jangan mengingat-ingat rasa sakit anda, ingatlah yang lain. 

Sering kencing. Lakukan buang air kecil sesering mungkin. Ini berguna untuk membantu turunnya kepala bayi ke dasar panggul dengan baik dan menjaga ritme kontraksi persalinan. Imbangi buang air kecil dengan minum air putih.

image

Bius epidural. Ada beberapa kasus bahwa sakit saat hendak melahirkan bisa dihilangkan dengan bius epidural. Epidural yaitu pembiusan guna mengurangi rasa nyeri dengan membuat mati rasa sementara terhadap saraf-saraf di tubuh bagian bawah. Bius epidural biasanya hanya diberikan secukupnya saja, dan bagi yang meminta, sehingga pada tahap pengeluaran bayi , pembiusan ini sudah menghilang. Karena rasa sakit disebabkan pula oleh rasa takut dan cemas, maka yang perlu anda ingat adalah hilanglan rasa takut dan cemas itu dengan mengingat tuhan, atau dengan meyakinkan diri anda bahwa anda pasti mampu melampaui masa-masa persalinan.

Melakukan gerakan ringan untuk melatih otot. Gerakan ringan yang umum dilakukan pada trimester terakhir yaitu dengan melakukan gerakan kepala, dahi dan hidung sehingga menyentuh lantai begitu juga dengan tangan, lutut dan jari-jari kaki yang ikut menyentuh lantai. Hal ini membantu bayi anda memasuki posisi terbaik dan mendorongnya bayi sehingga meminimalisir keadaan sungsang ketika lahir. Anda juga bisa mengelola posisi lain seperti melakukan aktivitas rumah dan juga berjalan sebanyak yang anda sanggup melakukannya. Ketika anda melakukan posisi jongkok sebaiknya menggunakan bantuan dengan berpegang pada benda yang kuat di samping anda.

Menggunakan aromaterapi untuk membuat anda rileks. Bagi anda yang melakukan pemijatan perineum dengan minyak seperti minyak zaitun atau minyak bunga (aromaterapi ) untuk membantu peregangan otot dapat membuat suasana yang lebih nyaman dan memberikan ketenangan mendekati persalinan. Ketenangan sangat dibutuhkan karena dapat membantu anda untuk mendapatkan proses persalinan normal, begitu juga untuk anda yang ingin meminimalisir jahitan pada proses persalinan anda.

Alpukat dan minyak zaitun untuk peregangan membantu proses persalinan. Konsumsi alpukat dan minyak zaitun untuk membantu peregangan kulit anda dari dalam. Konsumsi teh daun raspberry juga  selama trimester terakhir 2 cangkir setiap hari akan membuat proses persalinan karena membantu adanya kontraksi lebih produktif .

Usahakan untuk tidak mengangkat bokong. Mengangkat bokong (pantat) ketika proses persalinan akan menyebabkan terjadinya robekan jalan lahir bayi yang lebih luas. Hal ini karena apabila bokong anda terangkat, tidak adanya penyangga akan menyebabkan otot mudah terkoyak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s