Tips Sehat Saat Kehamilan Usia 6-9 Bulan atau Trisemester Kedua.

image

Tips Sehat Saat Kehamilan Usia 3-6 Bulan atau Trisemester Kedua.

  • Hindari aktifitas berat. Pada trisemester kedua, anda atau istri anda harus sudah menghindari aktifitas yang berat-berat.
  • Hindari membungkuk. Pada masa ini, anda atau istri anda harus menghindari mebungkukan badan. Jika harus mengambil sesuatu yang terjatuh, ambil dengan cara jongkok.
  • Perawatan payudara. Rawatlah payudara agar tidak terjadi peradangan. Gunakan baby oil atau krim khusus payudara untuk membersihkan puting susu dan pijit pada daerah sekitar payudara.
  • Mandi air hangat. Air hangat dapat membantu otot-otot anda atau istri anda yang sedang hamil mennjadi lebih rileks.
  • Perhatikan posisi tidur. Pada masa ini, janin sudah mulai bertumbuh besar. Pada saat tidur, usahakan anda atau istri anda dengan posisi miring ke kiri dengan kedua kaki diganjal guling agar janin mendapat banyak suplai oksigen.

 

  • Nutrisi Ibu Hamil. Nutrisi dan gizi yang baik ketika kehamilan berlangsung sangat membantu ibu hamil dan janin dalam menjalani hari-hari kehamilannya. Tentunya ibu hamil dan janin akan tetap sehat. Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan meningkat sepeti kebutuhan akan kalsium, zat besi serta asam folat. Ibu hamil haruslah di beri dorongan agar mengkonsumsi makanan yang baik nan bergizi, ditambah kontrol terhadap kenaian berat badannya selama kehamilan berlangsung. Kenaikan berat badan yang ideal berkisar antar 12-15 kilogram. Penting sekiranya untuk anda yang akan mempersiapkan kehamilan untuk memperhatikan asupan gizi agar ketika anda hamil, gizi yang terkandung di dalam tubuh telah mampu mendukung perkembangan awal janin. Gizi seimbang pada ibu hamil didapat dari menu yang seimbang setiap harinya, tidak berlebih ataupun kurang. Selama kehamilan ibu membutuhkan gizi yang seimbang melebihi wanita pada umumnya hal ini dikarenakan ibu hamil harus memenuhi nutrisi janin. Bila anda kurang memperhatikan asupan nutrisi selama kehamilan maka akan meningkatkan gangguan kehamilaan terutama yang berhubungan dengan perkembangan janin. Kecukupan gizi sangat bermanfaat dalam kesehatan ibu hamil, kesehatan janin di dalam kandungan dan mempersiapkan persalinan anda. Makanan yang bervariasi akan membantu ibu hamil dalam memberikan ketersedian nutrisi yang dibutuhkan dalam kesehatan anda dan janin. Gizi yang dibutuhkan ibu hamil adalah dengan kandungan zat tenaga yang biasanya dihasilkan dari jenis makanan karbohidrat, nasi putih, nasi merah, jagung, roti gandum, sereal. Zat pembangun yang dihasilkan dari beberapa makanan mengandung protein baik hewani maupun nabati dan zat pengatur yang ditemukan pada jenis buah dan sayuran. Bagi anda yang memasuki kehilangan nafsu makan di trimester pertama kehamilan maka bisa makan sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang berdekatan, konsumsi jenis makanan dengan variasi yang berbeda setiap harinya meskipun sedang beradaptasi dengan kehamilan akan tetapi penting untuk anda memperhatikan asupan gizi. Gizi yang seimbang bisa anda hadirkan di setiap menu anda tanpa harus mahal. Karbohidrat pada ibu hamil dibutuhkan sebanyak 6 piring setiap hari mengingat kalori yang dibutuhkan dalam perkembangan janin lebih besar dari pada wanita umumnya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s