Freebirth, Jenis Persalinan Kuno Yang Masih Digunakan di Dunia Modern

Beberapa masyarakat khuausnya seorang bernama Laura Kaplan Shanley belum lama ini ia lebih memilih proses melahirkan free birth seperti yang dijalani para calon ibu pada masa akhir era 60=an. Free birth melahirkan adalah tetap berada di dalam rumah, berendam di dalam bak air, sendirian maupun hanya ditemani orang terdekat atau suami. Namun cara kuno ini tidak direkomendasikan oleh dunia media modern karena sangat beresiko tonggi apalagi bila kehamilan ibu beresiko tinggi.

image

Proses melahirkan jenis ini dikenal dengan sebutan freebirth, melahirkan bebas atau unassisted childbirth, melahirkan tanpa bantuan tenaga medis. Filosofi freebirth adalah calon ibu yang dibiarkan sendirian menjelang detik-detik melahirkan. Dengan insting keibuan yang dimilikinya akan mampu melahirkan secara alami, bahkan hanya mengalami sedikit rasa sakit. Karena proses melahirkan seperti proses pembuahan sel telur oleh sperma adalah hal yang sangat pribadi.

Kampanye freebirth yang digencarkan Shanley bukanlah tanpa bukti. Keempat anaknya lahir selamat melalui proses unik tersebut. Shanley pun mengadakan sosialisasi freebirth lewat buku karangannya dan internet.

Namun gaya melahirkan jenis ini sangat ditentang dunia kedokteran medid modern, karena dianggap freebirth sangat berbahaya. Bahkan bagi calon ibu yang sehat dan berisiko rendah, kemungkinan kematian bayi tetap ada. Tanpa penanganan yang tepat, detak jantung bayi dapat mendadak menurun drastis saat keluar dari tubuh ibunya. Freebirth sebenarnya umum dilakukan para ibu yang tinggal di kota kecil atau jauh dari layanan medis pada era 60-an hingga 70-an di Indonesia. Boleh jadi, ini hanyalah sebuah tren kembali ke kebiasaan zaman dahulu.

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s