Kebutuhan Zat Besi dan Kalium Wanita Hamil

image

Kebutuhan Zat Besi dan Kalsium Wanita Hamil

Wanita memerlukan zat besi lebih tinggi dari laki-laki karena terjadi menstruasi dengan pendarahan sebanyak 50-80 cc setiap bulan dan kehilangan zat besi sekitar 30-40 mg. Pada ibu hamil kebutuhan zat besi FeSO4 320 mg (zat besi 60 mg) perhari mininal 90 tablet.

Dimulai dengan memberikan I tablet sehari sesegera mungkin setelah rasa mual hlang. Tablet besi sebaiknya tidak diminum bersama the atau kopi, karena akan mengganggu penyerapan Fe. Vitamin C meningkatkan resorbsi zat besi terdapat dalam buah-buahan segar, Vitamin C 25 mg meningkatkan resorbsi zat besi 2 kali, dan Vitamin C 500 mg meningkatkan zat besi 6 kali, selain itu hindari makan buah-buahan yang pengolahannya dapat menghilangkan Vitamin C.

Kebutuhan wanita hamil akan Fe meningkat untuk pembentukan plasenta dan sel darah merah. Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil 1500 mg setiap hari yang manfaatnya untuk membangun dan menjaga kekuatan tulang dan gigi, untuk pembekuan darah, kontraksi otot, transmisi syaraf, tanpa kalsium otot tidak dapat berkontraksi dengan benar, darah tidak bisa membeku dan syaraf tidak bisa membawa pesan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s